Jumat, 25 Mei 2018

Penanaman Adab fitrah seksualitas anak

Fitrah adalah sejenis software yang diberikan oleh Allah subhanahu wata’ala kepada seorang anak.  Berbeda dengan pemahaman orang Barat yang menyatakan bahwa anak itu ibarat kertas putih, tinggal orangtuanya yang mengisinya. Sedangkan dalam Islam, seorang bayi sudah mempunya program-software, sudah ada fitrahnya, pertama ia (bayi) itu Islam.

Lihat AlQur’an Surat Al A’raaf ayat 172 :

سُوۡرَةُ الاٴعرَاف
وَإِذۡ أَخَذَ رَبُّكَ مِنۢ بَنِىٓ ءَادَمَ مِن ظُهُورِهِمۡ ذُرِّيَّتَہُمۡ وَأَشۡہَدَهُمۡ عَلَىٰٓ أَنفُسِہِمۡ أَلَسۡتُ بِرَبِّكُمۡ‌ۖ قَالُواْ بَلَىٰ‌ۛ شَهِدۡنَآ‌ۛ أَن تَقُولُواْ يَوۡمَ ٱلۡقِيَـٰمَةِ إِنَّا ڪُنَّا عَنۡ هَـٰذَا غَـٰفِلِينَ (١٧٢)



Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?" mereka menjawab: "Betul (EngkauTuhan kami), Kami menjadi saksi". (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",

Seorang bayi (siapapun) masih dalm kandungan ibunya umur 4 bulan sudah bersaksi bahwa Allah adalah Tuhannya, berarti ia Islam. Itulah fitrahnya.

Fitrah Seksualitas adalah bagaimana seseorang berfikir, merasa, dan bersikap sesuai dengan fitrahnya sebagai lelaki sejati atau perempuan sejati (ust. Harry S)

Berbicara tentang  fitrah seksualitas, tentu tidak bisa dipisahkan dari pembahasan adab. Islam telah detail membahas tentang adab, adab kedudukannya sangat penting. Bahkan sebelum mempelajari ilmu, perlu lebih dulu mempelajari adab.

Contoh penerapan adab dalam fitrah seksualitas adalah dengan  Memisahkan tempat tidur.

Bagaimana caranya? Untuk memisahkan tempat tidur, setelah pengalaman menyapih, kita bisa memperhatikan kondisi tidur anak, ada anak yang bisa tidur tanpa terbangun semalaman, yang artinya cukup ditemani sebelum tidurnya saja, dan orang tua bisa berpindah kamar, tentunya juga perlu proses dan kesepakatan kapan memulai ya, anak saya usia 2 tahun pun baru usia menyapih. 

Adapun Solusi dengan minimnya ruang di rumah sehingga tdk bisa membuat ruang tidur tambahan atau terpisah? Bisa diupayakan dengan membentang tirai, atau memasang kelambu seperti sekat jadi dapat memisahkan (kel mb Nida)


Terkadang orang tua dihadapkan pada kondisi pola belajar anak yg beda. Menggabungkan adab dan fitrah sementara model belajarnya berbeda.  Adakah cara supaya anak tidak merasa bingung ketika merasa dibatasi di adab?


Kalau fitrah itu sesuatu yg sdh ada sejak awal pada diri anak, naah.. utk mengarahkan fitrah anak perlu adab, jd fitrah seyogyanya tdk perlu dipelajari lg, tapi adablah yg harus ditanamkan sedari dini, agar fitrah tersebut tidak melenceng dari jalur yg benar. agar anak tdk bingung, maka perlu sedini mungkin dikenalkan adab nya secara perlahan, dan yg terpenting dari pengenalan adab ini adalah TELADAN yg baik dari orangtua (kel mb nida)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar